27 June 2019

Cara Mengatasi Masalah Fingerprint Pada HP Samsung



Cara Mengatasi Masalah Fingerprint Pada HP Samsung S dan Note Series - Sensor sidik jari adalah salah satu fitur yang paling menarik dan penting di smartphone, khususnya dalam hal keamanan dan privacy. Jadi, akan menjadi hal yang benar-benar menjengkelkan apabila fitur jidik jari ini mendadak tidak dapat berfungsi.

Kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara memperbaiki masalah fingerprint, khususnya yang ada di HP Samsung. Oh ya perlu digaris bawahi bahwa tips berikut tidak dapat diaplikasikan pada HP Samsung yang memiliki sensor pemindai sidik jari di dalam layar.

#1: Mulai Ulang Perangkat

Langkah utama adalah me-restart HP segera setelah teman-teman menghadapi masalah terkait pemindai sidik jari. Jika langkah ini tidak berhasil, lanjut ke langkah berikutnya.

#2: Bersihkan Cache

Jika terdapat banyak data cache, hal itu mungkin dapat memperlambat kinerja dari fingerprint itu sendiri. Berikut ini cara membersihkan data cache dari aplikasi sidik jari:

  1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan.
  2. Ketuk opsi "Manajer aplikasi" dan ketuk "semua" untuk memiliki daftar semua aplikasi yang disajikan di perangkat HP.
  3. Sekarang, tekan pada aplikasi Fingerprint
  4. Teman-teman akan dibawa ke opsi "Paksa berhenti". Tekan opsi itu dan selanjutnya diminta untuk mengkonfirmasi prosesnya. Ketuk "OK" untuk mengonfirmasi.
  5. Gulir ke bawah sedikit dan akan menemukan opsi "Hapus cache". Klik untuk menghapus cache dari pemindai sidik jari. 

#3: Bersihkan data

Jika cara menghapus cache diatas juga gagal dan tidak menyelesaikan masalah, cara selanjurnya adalah menghapus data. Pastikan data-data yang ada di HP sudah dibackup terlebih dahulu. Teman-teman dapat mengunduh aplikasi "Titanium Backup" untuk membackup data. Jika aplikasi sudah diunduh, selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pergi ke tab backup / restore dan temukan aplikasi sidik jari dari sana.
  2. Ketuk untuk mendapatkan opsi "Wipe data".
  3. Tekan "OK" pada pop-up yang ditampilkan. Hal itu akan menghapus semua data dari aplikasi sidik jari.
  4. Mungkin langkah ini sedikit lebih ribet dari dua metode lainnya yang dijelaskan di atas, tetapi akan sangat membantu apabila cara muat ulang dan hapus cache tidak berhasil.
Jika ketiga cara di atas masih tidak berhasil, opsi terakhir adalah dengan mengembalikan pengaturan HP ke pengaturan ulang pabrik atau hard reset.

#4: Setel Ulang Pabrik

Proses ini sedikit lebih panjang daripada cara di atas. Namun, pengaturan ulang pabrik ini akan menghapus semua data dari HP. Jadi, teman-teman WAJIB untuk membackup semua data yang ada di HP terlebih dahulu. Ingat, ya. Harus dibackup dulu, Saya tidak bertanggung jawab apabila file teman-teman hilang selama proses hard reset karena lupa belum dibackup.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Ketuk opsi "Buat cadangan dan setel ulang".
  3. Selanjutnya, tekan "Reset data pabrik / Factory Reset".
  4. Sekali lagi, tekan "Setel ulang perangkat" (PERHATIAN: jangan klik kotak centang yang terletak di sebelah opsi "Format kartu SD").
Saat mengeklik opsi perangkat atur ulang, perangkat akan meminta izin lagi. Ketuk "Hapus Semua" dan setiap aplikasi dan program lain akan dihapus dari HP. Setelah semuanya selesai, coba gunakan aplikasi pemindai sidik jari untuk melihat apakah masalahnya teratasi atau tidak.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat. Kalau ada pertanyaan atau kesulitan bisa ditulis di kolom komentar, ya.

0 komentar

Post a Comment