Iklan Billboard 970x250

(Review) Earphone Vivan Q10: Earphone Ngebass Cuma 50ribuan!

Iklan 728x90

(Review) Earphone Vivan Q10: Earphone Ngebass Cuma 50ribuan!


Review Vivan Q10 – Hi, peeps! Akhirnya saya dapat kesempatan untuk review earphone lagi. Awalnya nggak ada niatan sama sekali untuk beli earphone baru. Kebetulan saat ini posisi sedang di rumah, pulang kampung lah ceritanya. Berhubung earphone yang saya pake sehari-hari ketinggalan di kost, mau nggak mau harus beli earphone serep, deh. Aneh saja rasanya kalau sehari nggak mendengarkan musik. Kayak ada yang kurang lah gitu..

Oh ya sebelumnya saya udah pernah mereview dua earphone di blog ini, yang pertama Vivan BT520 (versi biasa, bukan versi sport/gaming) dan kedua Vivan Q5. Kali ini saya akan mereview earphone dari merk Vivan lagi yang pastinya dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu Vivan Q10. Pasti beberapa pembaca setia blog saya ada yang mbatin, “buset deh, Vivan lagi. Seneng amat sih sama merk ini?” 😆

Jujur nggak ada alasan khusus kenapa saya review earphone Vivan lagi. Nggak tahu kenapa nih kalau lagi cari earphone di toko gadget, ujung-ujungnya selalu kepincut sama earphone merk ini. Ya memang nggak dipungkiri alternatif pilihannya juga nggak banyak, sih. Cuma ada merk Vivan, Robot, Xiaomi, Sony dan JBL. Berhubung tujuan saya cuma nyari earphone serep buat di rumah, saya males beli yang mahal-mahal. Sayang uangnya. Jadi pilihannya cuma dua, antara merk Robot dan Vivan. Setelah dipilih-pilih, yang cocok sama selera dan kantong ya...... cuma earphone Vivan ini.

Btw ini bukan advertorial post lho, yaaa. Saya lagi nggak diendorse sama Vivan. Apalah saya ini, cuma blogger ala-ala nggak jelas. Walaupun dalam hati pengen juga sih suatu saat ada yang mau endorse earphone, hehehe…. Jadi sekali lagi, apa yang saya tulis di sini semua murni pengalaman saya selama memakai earphone ini. Oke, cukup basa basinya, lanjut ke review!

Kalau dilihat dari jenisnya, Vivan Q10 ini termasuk kategori “earphone” (punya fungsi untuk mendengarkan + punya mic untuk berbicara ketika ada panggilan telfon). Tapi lagi-lagi, seperti produk-produk earphone Vivan yang dulu, Vivan menyebut kalau earphone ini termasuk kategori “headphone”. Hal ini diperjelas dengan tulisan yang ada di dusbox, yang menyebut earphone ini sebagai “popular headphone”. Entahlah, nggak paham. Saya sih tetep kekeh dan percaya kalau ini adalah earphone, bukan headphone.

Earphone ini saya beli di toko gadget dengan harga Rp 70.000. Setelah cek sana sini, ternyata harga segitu cukup kemahalan. Soalnya kemarin sempat liat di Bukalapak ada seller yang jual dengan harga Rp 54.000 saja. Waktu tanya temen yang kerja di toko gadget di Jogja pun, harga segitu terbilang mahal. Pasalnya di Jogja rata-rata dijual nggak sampe 60ribu. Nyesel deh. Tapi ya gimana lagi, udah terlanjur beli, hehe. 

Spesifikasi Vivan Q10


Spesifikasi:
  • Speaker Size : 10mm 
  • Frequency Response : 20Hz-20Khz 
  • Speaker Sensitivty : 104db 
  • Speaker Impedance : 16ohm 
  • Cord Length : 1.2m 
  • Plug : 3.5mm 
  • Microphone Size : 4mm 
  • Microphone Sensitivity : -39db 
  • Microphone impedance : 2.2Kohm

Paket Pembelian Earphone Vivan Q10


Kemasan kardus Vivan Q10 berwarna putih dengan aksen warna merah. Nggak ada yang istimewa sih dari packagingnya. Standar, nggak jauh beda dengan dusbox earphone Vivan yang lain. Di dalamnya ada earphone yang disimpan di container berbahan busa, manual card dan kartu garansi. Waktu buka dusbox-nya, saya sedikit kaget karena Vivan nggak ngasih earbuds cadangan untuk earphone ini. Biasanya selalu ada earbuds serep dengan ukuran S dan L yang terbungkus plastik rapih, sedangkan earbuds dengan ukuran M sudah terpasang pada earphone. Sangat disayangkan. Ketika dipakai earbuds bawaannya cukup nyaman. Hanya saja, saya merasa sedikit kekecilan jadi earphone nya kurang secure di telinga karena beberapa kali sempat jatuh. Jadi mau nggak mau harus hati-hati banget kalau memakai, jangan sampai earbuds-nya copot dan hilang.

Desain dan Penampilan Earphone Vivan Q10


Penampilan dan desain earphone Vivan Q10 ini memang nggak terlalu menonjol, typical desain earphone pada umumnya. Housing-nya berbentuk bulat dan berbahan plastik, dengan finishing matte berwarna silver yang jika diperhatikan dengan jeli mirip seperti glitter. Meskipun berbahan plastik tetapi tidak terkesan murahan, kok.

Posisi earbuds dibuat agak menyerong, yang menurut saya desain seperti ini lebih nyaman dipakai. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak disertakannya earbuds cadangan di paket pembelian cukup disayangkan karena nggak semua orang memiliki lubang telinga yang sama. Solusinya jika merasa kurang nyaman dengan earbuds bawaannya, bisa diganti dengan earbuds cadangan yang kalian punya.
Berbeda dengan earphone Vivan yang sudah saya coba sebelumnya, kabel Vivan Q10 memiliki tekstur bergelombang mirip tali tambang atau braided cable. Kabel ini dilapisi dengan lapisan material mirip nilon. Saya suka dengan desain kabel yang seperti karena berdasarkan pengalaman kabel tipe braided cukup kuat, awet dan tidak mudah kusut. Walaupun balik lagi keawetan earphone itu tergantung pemakaian masing-masing orang, sih.

Oh ya pada bagian microphone-nya dilengkapi dengan sebuah tombol atau single button. Selain berfungsi untuk mengangkat telfon, single button ini juga berfungsi sebagai tombol on/off ketika memutar musik. Overall meskipun harganya murah dan berbahan plastik, kualitas dan build quality Vivan Q10 cukup solid, kok.

Kualitas Suara Earphone Vivan Q10


Lalu, dengan harga murah yang tidak sampai di angka 100ribuan ini, apakah lantas membuat kualitas Vivan Q10 menjadi pas-pasan dan abal-abal?

Ternyata tidak, teman-teman. Menurut saya, ini salah satu earphone terbaik yang bisa kita dapatkan di kelas harga 50ribuan.  

Secara mengejutkan kualitas suara Vivan Q10 ini cukup bagus dan tidak mengecewakan. Ketika saya menyuruh beberapa teman untuk mencoba earphone ini pun, mereka nggak mengira kalau harganya 50ribuan.

Earphone ini cocok untuk kalian penggemar musik yang nge-beat seperti lagu-lagu EDM atau hip hop. Dentuman bass-nya cukup kuat, punchy dan dalam, meskipun terkadang di beberapa lagu bass-nya sedikit mendominasi dan boomy, jadi suara instrument lain tidak terdengar cukup jelas. Treble-nya juga masih terdengar walaupun sedikit kurang detail. Ketika dipakai untuk mendengarkan lagu-lagu akustik, saya tidak menemukan kendala yang cukup berarti. Suara petikan gitar terdengar jelas dan detail, nggak kalah dengan earphone yang harganya 100ribuan. Untuk bagian vocal, khususnya artikulasinya masih bisa terdengar jelas dan tidak mengecewakan. 
Saya nggak tahu earphone ini punya fitur noise cancellation atau nggak, tapi ketika dipakai mendengarkan musik dengan volume sedang (40-50%) suara diluar hampir tidak kedengaran. Ketika dicoba untuk untuk menelepon, suara yang dihasilkan pun cukup jelas dan jernih. Tidak mengecewakan lah..

Kesimpulan

Bagi teman-teman yang sedang mencari earphone dengan harga terjangkau, Vivan Q10 mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan. Menurut saya, dengan harga yang tidak sampai 60ribu, kita sudah dapat earphone dengan kualitas suara yang bagus, yang tidak kalah dengan earphone di harga 100ribuan. Kekurangan yang cukup menonjol dari earphone ini hanya satu, yaitu tidak adanya earbuds tambahan di paket pembelian. Tetapi masalah itu bisa diatasi apabila teman-teman punya earbuds cadangan yang tidak dipakai untuk dipasangkan di earphone ini.
Itulah review singkat earphone Vivan Q10 dari saya. Maaf kalau masih banyak kekurangannya. Maklum, saya bukan music/sound expert, hehe. Kalau ada pertanyaan tentang earphone ini, bisa tinggalkan komentar di bawah, ya. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya. 
Baca Juga
SHARE
Abe
For question or business inquiries kindly send me an e-mail at abemail.info@gmail.com. Thank you.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post