Iklan Billboard 970x250

Cara Mudah Membuat Privacy Policy di Blog

Iklan 728x90

Cara Mudah Membuat Privacy Policy di Blog

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menyibukkan diri untuk mengurus blog saya yang sempat terlantar ini, salah satunya dengan membenahi tampilannya agar lebih user-friendly dan melengkapi informasi-informasi yang dibutuhkan dalam sebuah blog. Saat saya ingin membuat halaman privacy policy, saya tidak tahu bagaimana cara untuk membuat halaman tersebut di blog. Awalnya saya pikir kita harus membuat secara manual dengan cara menulis kebijakan-kebijakan privacy yang kita inginkan. Setelah browsing kesana kesini, akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa privacy policy ini bisa dibuat dengan cara instan dan mudah, yaitu dengan membuat di situs penyedia pembuatan privacy policy online. Setelah mencari informasinya di google, akhirnya saya menemukan website yang cocok untuk membuat halaman tersebut.

      Bagi yang belum mengetahui apa itu privacy police, menurut Wikipedia, privacy policy (atau dalam bahasa Indonesia "kebijakan privasi") adalah pernyataan yang mengungkapkan beberapa atau semua cara sebuah pihak dalam mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola data, baik untuk diri sendiri maupun untuk klien. Saat ini halaman privacy policy memang sudah seperti menjadi informasi “wajib” bagi para blogger, khususnya blogger yang menginginkan blog-nya lolos google adsense. 

    Apakah google adsense itu? Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui Internet yang dibuat dan diselenggarakan oleh perusahaan Google. Lalu bagaimana cara kerjanya? Pemilik sebuah website atau blog yang sudah mendaftar dan disetujui keanggotaannya oleh Google, diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang baik bentuk dan materi iklannya sudah ditentukan oleh pihak Google. Nantinya, pemilik website atau blog ini akan mendapatkan penghasilan dari Google berupa pembagian keuntungan iklan. Agar topiknya tidak terlalu jauh melencengnya, mungkin nanti akan saya buatkan artikel khusus mengenai apa itu Google Adsense ya. Hehe.. Saya sendiripun belum menjadi mitra dari Google Adsense karena permohonan saya masih dalam tahap review. Doakan ya teman-teman semoga saya segera lolos hehe.. aamiin. 

(edit: Pada tanggal 28 Agustus 2018, tepatnya sehari setelah pembuatan postingan ini, Alhamdulillah saya mendapatkan e-mail dari Google yang mengatakan bahwa permohonan AdSense saya diterima. Benar-benar tidak disangka-sangka. Benar-benar moment yang begitu membahagiakan hehe.. Untuk teman-teman blogger pemula seperti saya, khususnya yang belum diterima permohonannya, jangan menyerah.. ayo kita sama2 berjuang. InsyaaAllah perjuangan kt akan membuahkan hasil nantinya 😊 )
     
    Kembali ke topik semula mengenai privacy policy. Sepertinya tidak ada salahnya jika saya turut berbagi tutorial cara membuat halaman privacy policy untuk blog. Saya yakin di antara teman-teman pembaca disini pasti ada yang sedang membutuhkan informasi tersebut. Kalau begitu tidak perlu waktu lama langsung saja kita masuk ke tutorial cara pembuatannya. Disini saya akan menjelaskan cara membuat privacy policy blog secara instan di situs layanan pembuatan privacy policy secara online. Nama situsnya adalah www.privacypolicyonline.com

  • Setelah itu anda akan mendapati kolom seperti di bawah ini.
  • Isi informasi terkait blog teman-teman di kolom yang sudah disediakan.
-          Your site title: judul bog anda

-          Your site URL: alamat URL blog anda

-          Contact link: link halaman kontak yang ada di blog anda

-          E-mail address: alamat e-mail anda yang masih aktif

-          E-mail encryption: pilih no encryption
  • Jika tujuan teman-teman membuat privacy policy ini adalah agar blog dinyatakan layak untuk didaftrkan ke Google Adsense, maka pada kolom “advertisers on your site”, pilih Google Adsense.
  • Jika sudah, klik “generate policy”.
  • Copy kode HTML privacy policy anda untuk dipasang di halaman blog.
  • Jika sudah dicopy, masuk ke halaman dashboard blogger.
  • Pilih menu “Halaman” di sebelah kiri dashboard.
  • Pilih/klik “Halaman Baru” untuk membuat halaman.
  • Beri judul halaman dengan “Privacy Policy”, kemudian pilih mode HTML. Jika sudah, copy kode HTML privacy policy yang didapat dari situs www.privacypolicyonline.com 
  • Jika sudah, klik publikasikan. Sekarang halaman privacy policy teman-teman sudah selesai dibuat.
Itulah cara membuat halaman privacy policy instan dengan mudah menggunakan situs layanan pembuatan privacy policy online. Cukup simpel dan tidak memakan banyak waktu, kan? Semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua.. Sampai bertemu di post saya selanjutnya ya 😊
Baca Juga
SHARE
Abe
For question or business inquiries kindly send me an e-mail at abemail.info@gmail.com. Thank you.

Related Posts

Subscribe to get free updates

11 comments

  1. Jujur aja saya nggak pernah merhatiin isi privacy policy. Bikin juga karena ada yg bilang biar gampang keterima AdSense. Dan memang keterima sih, tapi nggak tau seberapa ngaruhnya privacy policy ini.

    Btw nice infonya mas, jadi gampang bikin privacy policy sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya pun sama. Awal niat bikin halaman privacy policy ini karena ada yang bilang biar gampang diterima AdSense, hehe. Saya juga baru saja diterima AdSense nya 2 jam lalu. Alhamdulillah.. :D
      Makasih mas sudah mau mampir ke blog saya.

      Delete
  2. Gan kalau cara munculin halaman privacy policy gimana ya? udah ngikutin caranya tapi di blog masih ngga keliatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. platform blog yang dipake apa ya gan? kalau sama seperti saya, blogspot, agan masuk ke menu tata letak, cari widget "Blogger Pages", pada bagian yg akan ditampilkan, pilih privacy policy (kalau mau nampilin semuanya centang aja "pilih semua". Nanti privacy policy nya bakal muncul.. semoga membantu

      Delete
  3. Kalau buat disclaimer ada yg instan jg gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gan besok2 insyaaAllah saya buatkan tutorialnya.

      Delete
  4. mantap bro artikelnya
    baru sekarang tau ya masalah privacy p0licy

    ReplyDelete
  5. maaf mau nanya, untuk isian yg select one dibagian bawah itu pilih yg apa ya? terus kalau kita centang semua termasuk google adsense apa akan mempengaruhi diterima atau tidaknya di google adsense? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya centang/checklist semua saja, gan. Kecuali yg pilihan "Other", tidak usah dicentang. Masalah mempengaruhi diterima atau tidaknya di google adsense, saya kurang paham. Tetapi dulu saya centang semuanya (kecuali "Others") dan alhamdulillah google adsense saya diterima. Semoga membantu.

      Delete
  6. Ini sya baru aja membuat Privacy Policy..trus saya lihat di blog saya kok kelihatan semua ya kode Html nya..apa semua sudah benar atau salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan agan lupa mengganti mode "compose" menjadi mode "HTML" waktu bikin halaman baru. Coba buat lagi dr awal sesuai petunjuk di atas, kemudian ketika membuat halaman baru jgn lupa mode "compose" nya diganti jadi mode "HTML". Kalau agan blm paham letak mode compose dan html nya dmn, agan bs liat di gambar ini yg sudah saya tandai dgn warna biru.

      https://i.imgur.com/udYYKSz.jpg
      Semoga membantu 🙏

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post