23 October 2017

30 Day Song Challenge. Day #2 - Song You Like With A Number in The Title


Pagi. Hari kedua 30 Day Music Challenge. Tema hari kedua ini adalah a song you like with a number in the title. Sounds interesting, right?

Ternyata cukup susah juga ya cari lagu favorit yang ada unsur nomor di judulnya. Setelah ngubek-ngubek playlist Spotify, cuma nemu beberapa kandidat lagu yang saya rasa bisa mewakili tema di hari kedua ini. Beberapa lagu itu antara lain 13 nya Lany, Orang Ke-3 nya Hivi!, 10 Reason Why I love You nya Lee Seok Hoon, dan lain-lain. Setelah melalui perdebatan batin yang cukup alot (hais), pilihan saya jatuh pada lagunya Ed Sheeran yang berjudul One. Kenapa? Yuk intip alasannya :)

Jadi, One ini adalah track pertama di album x (baca: multiply) yang rilis di tahun 2014. Selain itu, lagu ini juga lagu pertama yang Ed Sheeran tulis untuk album keduanya, yang katanya sih ditulis waktu dia tour di Perth tahun 2011. Sebagai pembuka sebuah album, saya cukup kaget waktu pertama kali dengar lagu ini. Dibandingkan lagu-lagu lain di albumnya, it's pretty quiet and chill song! Pokoknya pas banget lah dengan selera saya, hahaha.

Iya, ketika saat itu orang-orang tergila-gila dengan Thinking Out Loud, Photograph, Sing, ataupun Don't, entah kenapa saya langsung jatuh cinta duluan sama lagu ini. Bukannya saya nggak suka lagu-lagu yang lain, lho ya. I like Photograph and Thinking Out Loud a lot, but my favorite is, and always will be, One. I don't know, there's something magical about this song that I can't describe properly.. Oke, ini udah mulai hiperbola. Lanjut.

Jujur sampai saat ini pun saya masih heran kenapa lagu ini nggak dijadikan sebagai salah satu promotional single. Padahal kalau menurut saya, menurut saya lho ya, lagu ini cukup radio friendly, kok. Tapi lagi-lagi selera orang itu beda-beda. Apa yang saya suka belum tentu orang lain suka.. Lagian siapa sih saya, cuma mahasiswa yang sok-sokan nggak jelas ikutan blog challenge :)) Pastinya mereka juga punya alasan sendiri kenapa lagu ini nggak dipromosikan besar-besaran seperti Thinking Out Loud, Sing, atau Photograph. Buktinya, waktu pertama rilis lagu ini cuma sampai di posisi no. 20 UK Singles Chart dan no. 86 di Billboard Hot 100. Sayang banget, ya.


Oh, ya. Saya lupa belum ngasih tahu awal suka sama lagu ini.

Pertama kali dengar lagu ini waktu masih jadi mahasiswa di Semarang dulu (sekarang jg masih jadi mahasiswa, sih. Cuma beda kota aja 😀). Saya ingat banget waktu itu iseng buka Youtube sepulang kuliah, dan video rekomendasi pertama kali yang saya lihat adalah lagu ini. I instantly fell in love with this song. Mungkin bisa dibilang lagu kedua Ed Sheeran yang saya suka setelah The A Team. Rasanya nyeess banget kalau dengar lagu ini. Ditambah lagi suara Ed Sheeran yang seperti menyatu sempurna dengan instrument gitarnya. Berasa di hipnotis, deh. Agak lebay memang, hahaha

Saya juga ingat waktu itu shubuh-shubuh setelah download albumnya + dengerin beberapa lagu, dengan alay-nya saya pun langsung berkoar-koar di twitter bercerita betapa jatuh cintanya saya dengan album baru Ed Sheeran.Harap dimaklumi ya 😂


Mungkin alasan lain yang bikin saya suka lagu ini adalah liriknya yang cukup relatable pada saat itu. Menurut interpretasi saya sendiri, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang jatuh cinta pada sahabatnya, tetapi enggan untuk memulai hubungan yang lebih karena takut akan merusak hubungan persahabatan itu sendiri. Duh, dalem ya.. Ini salah satu lirik yang menurut saya paling memorable di lagu ini,

And you know, everything changes but
We'll be strangers if, we see this through

Gimana, nyesek nggak liriknya? Ada yang sedang dalam posisi seperti ini mungkin? Hayoo jangan jadi galau ya :)) Terlepas dari makna liriknya, lagu ini masih tetep enak didengerin di waktu santai kok. Kebetulan lagu ini juga masuk playlist pengantar tidur saya. hehe. Kalau selama ini teman-teman senang dengerin lagu-lagu Ed Sheeran yang mainstream, just give it a try. 

Segitu saja pos saya di hari kedua ini. Seperti biasa, jika teman-teman punya aplikasi musik Spotify dan tertarik untuk mendengarkan semua lagu yang ada di 30 Day Music Challenge ini, bisa follow Spotify playlist saya di sini.  Atau kalau teman-teman punya Spotify app di laptopnya, bisa langsung follow playlist-nya di bawah ini. Santaaai, free alias gratisss!



 See you, jyaa mata!

Credit:
Photo 1: https://www.youtube.com/watch?v=IikOIPl0yeI

1 comment


EmoticonEmoticon